AutoCad telah menyediakan pemodelan standar objek solid yang dapat anda pergunakan dengan bentuk-bentuk dasar, antara lain objek kotak, prisma, kerucut, bola, silinder, dan torus atau cincin serta objek helix.
Sebelum membuat desain 3D, anda dapat mengganti workspace atau area kerja dengan menampilka ribbon panel yang berhubungan dengan desain 3D, dengan cara berikut ini:
1. Arahkan kursor pada status bar dan klik ikon Workspace Switching.
2. Pada shortcut menu yang muncul pilih workspace 3D Modeling.
3. Selanjutnya area kerja anda akan berubah dengan menampilkan ribbon panel 3D.
Objek Box merupakan pemodelan 3D yang terbentuk dengan menentukan ukuran panjang, lebar dan tinggi serta terdiri dari dua objek dengan bentuk kubus atau balok.
Untuk memahami pembuatan objek box anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Pada Ribbon pilih tab Home panel Modeling pilih Box
2. Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.
2. Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.
Specify first corner or [center]: Klik pada area gambar untuk menentukan base point dari sudut objek box
Specify other corner or [cube/length]: L 8 Ketik L lalu tekan Enter
Specify length <10.00>: 10 8 Tentukan panjang objek box
Specify width <12.00>: 12 8 Tentukan lebar objek box
Specify height or [2Point] <10.00>: 10 8 Tentukan tinggi objek box
Specify other corner or [cube/length]: L 8 Ketik L lalu tekan Enter
Specify length <10.00>: 10 8 Tentukan panjang objek box
Specify width <12.00>: 12 8 Tentukan lebar objek box
Specify height or [2Point] <10.00>: 10 8 Tentukan tinggi objek box
3. Pada Ribbon pilih tab View panel Views klik menu drop-down 3D Navigasi dan pilih ikon SW Isometric
Beginilah kira-kira hasilnya :
Objek Cone
Beginilah kira-kira hasilnya :
Objek Cone merupakan pemodelan 3D bentuk kerucut dengan menentukan bidang dasar dan tinggi objek serta terdiri dari kerucut dengan bidang dasar lingkaran atau ellips.
Untuk pembuatan objek cone anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut :
Specify first center point of base or [3P/2P/Ttr/Elliptical]: Klik pada area gambar untuk menentukan titik pusat bidang dasar kerucut
Specify base radius or [Diameter]: 3 8 Tentukan radius lingkaran
Specify height or [2Point/Axis endpoint/Top radius] <15.00>: 10 8 Tentukan tinggi objek
Specify base radius or [Diameter]: 3 8 Tentukan radius lingkaran
Specify height or [2Point/Axis endpoint/Top radius] <15.00>: 10 8 Tentukan tinggi objek
Objek wedge
Objek Wedge merupakan pemodelan 3D berbentuk prisma yang terbentuk dengan menentukan ukuran panjang, lebar dan tinggi serta terdiri dari dua objek dengan bentuk prisma kubus atau prisma balok.
Untuk memahami pembuatan objek wedge anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
2. Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.
Specify first corner or [center]: Klik pada area gambar untuk menentukan base point dari sudut objek wedge
Specify other corner or [cube/length]: L 8 Ketik L lalu tekan enter
Specify length <10.00>:10 8 Tentukan panjang objek wedge
Specify width <12.00>:12 8 Tentukan lebar objek wedge
Specify height or [2Point]<10.00>:10 8 Tentukan tinggi objek
Specify other corner or [cube/length]: L 8 Ketik L lalu tekan enter
Specify length <10.00>:10 8 Tentukan panjang objek wedge
Specify width <12.00>:12 8 Tentukan lebar objek wedge
Specify height or [2Point]<10.00>:10 8 Tentukan tinggi objek
Objek Torus
Objek Torus merupakan pemodelan 3D yang mempunyai bentuk seperti cincin dengan menentukan diameter dari cincin dan diameter tabung.
Untuk pembuatan objek torus dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
2. Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.
Specify center point or [3P/2P/Ttr]: Tentukan titik pusat torus
Specify radius or [Diameter]<5.00>: 10 8 Tentukan radius torus
Specify tube radius or [2Point/Diameter]: 2 8 Tentukan radius tube
Specify radius or [Diameter]<5.00>: 10 8 Tentukan radius torus
Specify tube radius or [2Point/Diameter]: 2 8 Tentukan radius tube
Objek Cylinder
Objek Cylinder merupakan pemodelan 3D yang berbentuk silinder dengan menentukan bidang dasar lingkaran atau elips dan tinggi objek.
Untuk pembuatan objek cylinder dapat mengikuti langkah-langkah berikut :
2. Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.
Specify center point of base or [3P/2P/Ttr]: Klik pada area gambar untuk menentukan titik pusat cylinder
Specify base radius or [Diameter]<5.00>: 10 8 Tentukan radius
Specify height or [2Point/Axis endpoint]<20.00>: 10 8 Tinggi objek
Specify base radius or [Diameter]<5.00>: 10 8 Tentukan radius
Specify height or [2Point/Axis endpoint]<20.00>: 10 8 Tinggi objek
Objek Helix
Objek Helix merupakan pemodelan 3D berbentuk spiral yang mempunyai jumlah putaran tertentu. Ukuran radius bidang dasar ataupun atas harus >=0 dan tidak dapat berbentuk sudut lancip.
Untuk memahami pemodelan objek helix anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut :
2. Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.
Specify center point of base: Klik pada area gambar untuk menentukan titik pusat bidang dasar helix
Specify base radius or [Diameter]<8.00>: 5 8 Tentukan radius bidang bawah
Specify top radius or [Diameter]<8.00>: 5 8 Tentukan radius bidang atas
Specify helix height or [Axis endpoint/Turns/turn Height/twist]<10.00>: 5 8 Tentukan tinggi spiral
Specify base radius or [Diameter]<8.00>: 5 8 Tentukan radius bidang bawah
Specify top radius or [Diameter]<8.00>: 5 8 Tentukan radius bidang atas
Specify helix height or [Axis endpoint/Turns/turn Height/twist]<10.00>: 5 8 Tentukan tinggi spiral
Nah, mungkin itulah sebagian perintah dari pembuatan objek solid, kenapa saya sebut sebagian? karena masih banyak perintah-perintah lainnya dalam pemodelan objek solid seperti: Objek Sphare, Objek Pyramid dll.
Namun saya tidak akan membahasnya, karena dalam pembuatannya langkah-langkahnya hampir sama.
Namun saya tidak akan membahasnya, karena dalam pembuatannya langkah-langkahnya hampir sama.
Silahkan anda coba saja sendiri untuk mempelajarinya lebih jauh lagi.
Sekian untuk postingan kali ini. Semoga bermanfaat. . .
Sumber referensi: Buku Jurus Ampuh Desain 3D AutoCAD 2012
Penulis : Nathanael
Penerbit : Asaque Publisher
gan, kalau bikin 3d solid gimana?
ReplyDelete